KOLAM RENANG OVERFLOW VS SKIMMER

KOLAM RENANG OVERFLOW VS SKIMMER

“Ada berapa jenis sistem sirkulasi kolam renang?”

Ini adalah pertanyaan umum untuk pemilik kolam renang yang akan membuat kolam renang. Dua sistem kolam yang paling umum digunakan yang berkaitan dengan sistem filtrasi untuk kolam renang adalah kolam Over Flow dan kolam Skimmer. Di artikel ini kita akan bahas perbedaan dari kedua sistem tersebut.

  1. SISTEM OVERFLOW

Ini adalah sistem yang memungkinkan sirkulasi air terbaik. Infinity pool menawarkan garis yang bersih dari air ke tepi kolam dan bebas dari kotoran di permukaan air atau noda di tepi kolam.

Sistem overflow ini terdiri dari:

  1. Kolam renang
  2. Gutter (terletak di samping kolam renang)
  3. Balancing tank(disarankan dapat menampung 5% – 10% dari jumlah air di dalam kolam renang)
  4. Ruang mesin

Cara kerja sistem overflow adalah air jatuh dari kolam renang melalui saluran gutter kemudian jatuh ke balancing tank secara gravitasi, kemudian dipompa ke filter penyaringan melalui saluran masuk lantai atau dinding kolam renang. Untuk daun dan debu di dalam kolam akan didorong keluar dari kolam melalui selokan gutter, sementara air mengalir kembali ke balancing tank untuk diolah. Balancing tank terdiri dari katup pelampung untuk mengisi kembali air yang dipindahkan yang disebabkan oleh penguapan atau pembersihan filter. dan juga berisi pipa pelimpah untuk mengalirkan kelebihan air ke pipa drainase rumah untuk menjaga ketinggian air dalam kisaran operasi yang tepat.

Jenis sirkulasi air ini adalah sistem tipikal untuk sistem kolam overflow. Jika balancing tank memerlukan perawatan, air dapat disirkulasi melalui saluran utama sebagai pengganti tangki penampung meskipun efisiensi sirkulasi akan berkurang.

Sistem Over Flow cocok untuk area yang luas karena membutuhkan lebih banyak ruang untuk mendukung berbagai elemen kolam, akan tetapi membutuhkan biaya pembuatan yang lebih mahal dibandingkan dengan sistem skimmer.

  1. SISTEM SKIMMER

Kolam skimmer dibangun dan dipasang tanpa menggunakan gutter dan balancing tank, oleh karena itu, lebih murah daripada sistem overflow. Di sistem ini kita membutuhkan suatu alat yaitu skimmer box. Skimmer box berfungsi menarik air permukaan ke dalamnya, bersama dengan kotoran dan puing-puing. Dan kemudian air ini nantinya akan melalui sistem filter penyaringan, sebelum dipompa kembali ke kolam renang. Untuk ketinggian level air disarankan minimal 10cm dari toping bibir kolam renang. Sistem skimmer terdiri dari:

  1. Kolam renang
  2. Ruang mesin

Kolam skimmer cocok untuk ruang terbatas untuk memaksimalkan ukuran kolam dan untuk perawatan kolam renangnya lebih mudah dibandingkan dengan kolam renang menggunakan sistem overflow.

Demikian artikel saya, mudah-mudahan memberikan sedikit pencerahan mengenai kolam renang.

Apabila ada pertanyaan seputar kolam renang, anda bisa bertanya ke kami (PT. Artha Royal Mandiri) melalui nomer 0877 8917 6778.

Salam sehat dan selalu semangat……………

 

 

No Comments

Give a Reply