CARA MENOLONG ORANG TENGGELAM DI KOLAM RENANG

CARA MENOLONG ORANG TENGGELAM DI KOLAM RENANG

Benarkah menolong orang tenggelam bisa dilakukan para perenang pemula? Seberapa pentinh keterampilan ini?

Dalam kondisi panic, apapun bisa terjadi. Ketika kita mendapati seorang yang sedang tenggelam di kolam renang dalam, kepanikan itu sangat jelas terlihat. Anda akan dipilihkan dengan dua keputusan segera, membantu orang tersebut atau hanya terpaku memandang.

Memang, ini sering terjadi. Kita sebagai orang yang sudah biasa berenang wajib menolong. Sebenarnya tak terlalu sulit membantu seorang dalam kondisi tenggelam, yang sulit cara membuat mereka tetap tenang saat dalam posisi tenggelam.

Seorang yang tenggelam umumnya berontak dan bergerak terlalu banyak, atau dengan kata lain panic yang berlebihan. Sebenarnya jika tenang maka keadaan menjadi jauh lebih baik dan mudah kita atasi.

Kontraktor kolam renang terbaik akan memahami kebutuhan ini. Mereka sebelum membuat kolam renang akan mempertimbangkan design kolam renang. Dengan membuat kolam renang yang disesuaikan dengan usia maka pada saat terjadi kejadian tenggelam akan lebih mudah ditangani.

Cara menolong orang yang tenggelam adalah posisi anda selalu dibelakangnya, tarik tubuh orang yang tenggelam itu keatas permukaan dan usahakan kepalanya keluar ke permukaan air agar bisa bernafas. Anda harus dengan cepat membawanya ke tepi kolam.

Ada banyak kasus sang penyelamat memukul kepala belakang korban agar pingsan, lalu segera membawanya ke tepi. Ini harus dilakukan, karena jika tidak, bukan hanya korban yang akan mati tapi anda sendiri yang menolong juga kehabisan tenaga dan oksigen.

Pingsan jauh lebih baik bagi korban karena ia tak lagi berontak. Lalu setelah anda berhasil membawanya ketepi, lakukan pernafasan buatan di tepi kolam. Dorong bagian perut atas agar jantung berdetak lebih kuat sambil dikombinasi dengan nafas buatan. Ini memang perlu dua orang.

Biasanya dengan cara ini maka sang korban akan sadar sambil batuk batuk dan mengeluarkan air dari mulutnya. Formula menekan jantung dengan irama yang teratur akan membuat jantung berdenyut kembali usai dari kondisi pingsan.

Setelah korban sadar, buat mereka duduk untuk mengeluarkan air yang masih masuk. Lakukan pemijatan punggung agar air akan keluar. Dan sarankan agar tetap tenang dan jangan panic. Ada baiknya juga hindari kerumunan karena akan membuat sang korban lebih mudah panic dan tegang, ciptakan kondisi serileks mungkin dan diposisi ini anda sudah berhasil menyelamatkan nyawanya. ***

hardi2017

Kami kontraktor kolam renang yang memiliki spesialisasi dibidang pembuatan kolam renang dengan teknologi finishing liner dari Jerman dan konsep konstruksi panel inovasi Perancis yang banyak digunakan di berbagai negara Eropa dan Amerika, menjamin kolam anti bocor lebih dari 10 tahun

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *